Sifat wajib Allah yang wajib diketahui

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Sifat wajib Allah

Salah satu yang wajib diketahui oleh muslim adalah sifat wajib Allah. Ada 20 sifat wajib Allah yang perlu diketahui Muslim. Dengan mengetahui sifat-sifat wajib Allah, umat muslim tidak terjebak dalam pemahaman yang salah atau keliru tentang wujud Allah yang diserupakan dengan makhluk. Berikut adalah sifat wajib Allah yang wajib diketahui.

  1. Wujud

Sifat wajib Allah yang pertama adalah wujud artinya Allah SWT merupakan Dzat yang pasti ada.

Allah SWT berfirman: هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوٰى عَلَى الْعَرْشِۚ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى الْاَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاۤءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيْهَاۗ وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْنَ مَا كُنْتُمْۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌۗ

Artinya: Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa; Kemudian Dia bersemayam di atas arsy dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang ke luar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. AL Hadid: 4).

  1. Qidam

Sifat wajib Allah SWT yang kedua adalah qidam yang berarti awal atau terdahulu. Allah SWT sudah ada sebelum menciptakan semua makhluk-Nya.

هُوَ الْاَوَّلُ وَالْاٰخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Artinya: Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. Al Hadid: 3)

  1. Baqa

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ

 Artinya: Dan tetap kekal Wajah Rabbmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. (QS. Ar Rahman: 27)

  1. Mukholafatul Lilhawaditsi

Allah SWT adalah Zat Yang Maha Sempurna dan tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang mampu menyerupai-Nya. فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّمِنَ الْاَنْعَامِ اَزْوَاجًاۚ يَذْرَؤُكُمْ فِيْهِۗ لَيْسَ كَمِثْلِهٖ شَيْءٌ ۚوَهُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ Artinya: (Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Asy Syura: 11).

  1. Qiyamuhu Binafsihi

Dia tidak memerlukan pertolongan dari siapa pun dan tidak akan menggantungkan diri-Nya kepada siapa pun.

 اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. (QS. Ali Imran: 2)

  1. Wahdaniyah

Sifat wajib keenam Allah SWT yaitu wahdaniyah yang memiliki arti esa atau tunggal. Allah SWT bersifat tunggal karena Dia tidak memiliki sekutu. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

 Artinya: Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa.” (QS. Al Ikhlas: 1)

  1. Qudrat

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

 اِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنٰهُ بِقَدَرٍ

 Artinya: Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran. (QS. Al Qamar: 49)

8.Iradat

Allah SWT berfirman:

 وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ وَيَخْتَارُ ۗمَا كَانَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ ۗسُبْحٰنَ اللّٰهِ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

 Artinya: Dan Rabbmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia). (QS. Al Qasas: 68)

  1. Ilmun
  2. Hayat
  3. sam’un
  4. Bashar
  5. Kalam
  6. Qadiran
  7. Mudiran
  8. Aliman
  9. Hayyan
  10. Samian
  11. Bashiran
  12. Mutakkaliman