Pentingnya Market Research untuk Membangun Startup

  • Kulinerun
  • Jun 21, 2022

Memulai sebuah bisnis, terutama startup, tentu diawali karena adanya ide atau rasa ingin memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada saat ini. Meskipun ide yang terbentuk mungkin merupakan sesuatu yang masyarakat perlukan, tidak ada jaminan pasti untuk sebuah ide bisnis tersebut bisa suskes dikembangkan. Bahkan sesuatu yang saat ini dibutuhkan masyarakat pun tidak akan selalu bisa relevan selamanya.

Sehingga, sebuah startup perlu untuk mengadakan market research sebelum memulai bisnis. Market research adalah proses memperoleh informasi tentang target pasar dan orang-orang yang membentuk pasar itu. Para pendiri startup dapat mengandalkan data industri yang sudah ada sebelumnya atau melakukan riset sendiri untuk bisnis mereka itulah pengertian dari research.

3 Alasan Mengapa Market Research Penting untuk Startup

Memvalidasi potensi kesuksesan ide bisnis startup Anda adalah langkah penting sebelum melanjutkan ke proses yang lebih serius dan menghabiskan terlalu banyak uang. Di sinilah riset pasar dapat membantu. Riset pasar yang konsisten dapat membantu Anda tetap mengikuti tren dan mempertahankan keunggulan kompetitif dengan mengukur potensi bisnis Anda. Market research adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan, berikut alasannya:

1. Penentu target pasar

Sebelum melakukan research secara menyeluruh, sangat penting untuk mendefinisikan pasar Anda dengan benar. Kumpulan pelanggan atau bisnis yang akan mempertimbangkan untuk memperoleh produk atau layanan Anda dikenal sebagai potensi pasar (potential market). Dengan kata lain, mereka lah yang memiliki kebutuhan untuk dipenuhi oleh perusahaan Anda. Mereka lah yang akan menjadi target pasar utama startup Anda. Menentukan target pasar pada research  ini dapat membantu Anda untuk menghadapai berbagai kemungkinan jenis pelanggan startup Anda.

2. Pembentuk nilai

Selain target pasar, nilai bisnis startup juga sangat penting. Nilai inilah yang membuat calon pelanggan mempercayai startup Anda. Riset pasar akan membantu Anda membentuk proporsi nilai bisnis yang menarik. Validasi nilai bisnis mengacu pada bagaimana pelanggan dapat menggunakan produk atau jasa dan menilai seberapa berharganya. Sebagai pendiri startup, luangkan waktu untuk melakukan research pada “Bagaimana produk atau layanan ini menawarkan nilai penting bagi kehidupan pelanggan?”. Sehingga, penilaian pelanggan startup Anda dapat terbentuk dan bisa berkembang untuk dipercaya pelanggan.

3. Pemahaman kompetisi

Market research dapat membantu starup Anda memahami kompetisi yang ada di target pasar. Market research yang dilakukan pada kompetitor bisa mengungkap posisi kompetitor pada target pasar. Kompetitor bukan sekadar ancaman untuk startup Anda; mereka juga merupakan sumber daya berharga untuk perkembangan startup Anda. Market research pada apa yang kompetitor jual dan lakukan dapat mengungkap kondisi suppy and demand di pasar yang mungkin dapat di”eksploitasi” startup Anda. Selain itu, memahami naik turunnya bisnis mereka juga dapat membantu Anda mengevaluasi apa yang dapat dilakukan startup Anda untuk berkembang dan sukses.

Related Post :