Kali ini kami ingin mengajak Anda semua untuk berburu kelezatan kuliner khas Indramayu. Nah, makanan khas Indramayu apa yang patut dicoba? Di sini kami memberikan ulasan lengkap:

  • Burbacek

Jika Anda bepergian ke Indramayu, tentu saja Anda harus mencoba makanan burbacek. Mendengar namanya mungkin terasa aneh atau aneh. Burbacek adalah singkatan dari slurry rumba cecek. Makanan Burbacek menggunakan bubur dengan rumba yang ditambahkan atau hampir mirip dengan pecel dan timbal dengan cecek atau yang lebih kita kenal dengan krecek dicampur dengan cabai merah dan kelapa parut. Makanan ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indramayu, sehingga ada banyak tempat Oleh-oleh Haurgeulis Indramayu yang menyediakan makanan burbacek ini. Banyak makanan burback dijual dari pagi hingga sore, tetapi sekarang beberapa orang menjual burbacek di malam hari sehingga wisatawan yang berburu kuliner malam masih bisa mencicipi makanan burbacek yang lezat.

  • Jagung Blendung

Jika dilihat dari namanya, makanan khas kota Indramayu sudah bisa ditebak bahan utamanya, yaitu jagung. Mungkin sebagian dari Anda sudah mencoba makanan campuran jagung ini, makanan ini biasanya dijual di pasar dan di pedagang kaki lima. Cara membuat campuran makanan jagung sedikit lebih lama, karena untuk membuat jagung lunak yang digunakan dibutuhkan sekitar 4 jam. ini karena jagung yang digunakan adalah jagung tua. Selama pelunakan jagung, tambahkan kapur sirih, garam, dan air secukupnya, untuk menambah rasa pada jagung dan agar tidak mengering. Setelah lunak dan dingin, pisahkan jagung yang telah mengembang dari batang jagung. Kemudian jagung disajikan menggunakan daun pisang sebagai piring dan ditaburi kelapa parut.

Apa Saja Macam Oleh-Oleh Haurgeulis?

  • Blengep Cotot

Cemilan khas Indramayu menggunakan bahan utama singkong, kelapa dan gula merah. Meski hanya menggunakan tiga jenis bahan, memasak puff bernoda membutuhkan waktu lama. Singkong bersih direbus selama 15 menit. Untuk membuat isi blotep cotot menggunakan kelapa parut yang dipanggang kemudian ditumbuk bersama gula merah. Kemudian buat bumbu di bagian luar cotok menggunakan kelapa iris kecil dan memanjangkan kemudian goreng sampai matang dan tambahkan bawang goreng. Setelah direbus singkong lunak lalu ditumbuk hingga halus. Setelah dihaluskan, kemudian masukkan isian yang sudah dibuat dan taburi dengan potongan kelapa goreng dalam bawang goreng. Blengep cotot siap disajikan. Jika Anda malas membuat cotok bernoda, Anda dapat membelinya di warung makanan ringan atau di pasar-pasar di wilayah Indramayu.

  • Geblog

Makanan khas Indramayu terbuat dari bahan utama singkong. Kue geblog atau panjang Indramayu tentu saja berbeda dengan yang dari daerah lain. Selain dibuat dari singkong, kue Indramayu juga terbuat dari ketan hitam. Jajanan Gemblong jarang ditemukan, tetapi rasanya enak. Kue yang terbuat dari singkong parut diperas, kelapa parut, garam, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan air secukupnya. Cara memasaknya dengan cara mencampur singkong parut, kelapa parut dan garam hingga merata, kemudian membuat campuran oval berbentuk gula merah, gula pasir dan daun pandan dicampur. Setelah itu, goreng oval hingga matang.

  • Pesan Entog

Entog kuliner khas Indramayu adalah makanan olahan yang menggunakan daging entog yang dimasak dengan saus yang sangat kental. Bahan-bahan berikut digunakan untuk membuat sayuran, daging, tomat, daun jeruk, serai, kecap manis, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, kemiri, kemiri, garam dan air yang cukup. Entog direbus sampai setengah matang lalu dicampur dengan bumbu-bumbu di atas yang telah ditumis sebelumnya lalu tambahkan kecap dan aduk hingga rata. Jika dagingnya belum lunak, tambahkan air sampai entog lunak dan sausnya cukup kental, maka entog siap disajikan. Demikianlah ulasan tentang Oleh-Oleh Haurgeulis Indramayu semoga bermanfaat.