Jika dokter umum memiliki spesialis seperti dokter spesialis jantung, penyakit dalam, paru-paru ataupun andrologi, begitu juga dengan dokter gigi. dokter gigi memiliki beberapa spesialis diantaranya adalah dokter spesialis periodonsia atau biasa disebut dokter periodontis. Spesialisasi ini mengkhususkan pada perawatan struktur gigi yaitu di bagian gusi. Periodontis lebih berfokus kepada jaringan penyangga gigi yaitu gusi dan tulang untuk membuat gigi tetap rapi seperti yang seharusnya. periodontis melakukan tindakan pencegahan, pengobatan dan perawatan bagi masalah gusi, jaringan mulut, serta pemasangan implan gigi.

Periodontis melakukan dua jenis tindakan pengobatan yaitu tindakan rekonstruktif dan suportif. Tindakan rekonstruktif meliputi upaya untuk mengembalikan kondisi mulut dan rahang yang sebelumnya sakit agar bisa difungsikan seperti sedia kala. Tindakan ini dilakukan dengan cara pembedahan atau terapi intervensi seperti cangkok tulang dan jaringan gusi serta tindakan augmentasi sinus. Jika tindakan rekonstruktif umumnya menggunakan prosedur pembedahan, tindakan suportif bertujuan untuk melakukan perawatan penyakit di bagian mulut dan rahang tanpa melakukan tindakan pembedahan.

Pada umumnya kasus-kasus periodonti bukanlah kasus gawat darurat. Kerusakan pada gusi sebagai jaringan penyangga gigi terjadi secara sangat perlahan sehingga kadang baru terdeteksi ketika sudah menimbulkan gejala atau tampak jelas dilihat. hal ini jugalah yang membuat spesialisasi ini lebih sering menerima kasus dimana jaringan gusi sudah berada dalam kondisi yang rusak atau tidak pas sehingga membutuhkan pembedahan. Meski begitu, ada juga kasus-kasus yang membutuhkan konsultasi periodontia darurat atau segera misalnya pada kondisi pasca kecelakaan, kondisi pasien dengan penyakit lain serta kondisi dimana penyakit sudah sangat buruk seperti terjadinya pendarahan dari gusi. Kondisi terakhir ini juga bisa terjadi akibat pasien baru saja melakukan tindakan pada gigi atau gusi yang menyebabkan pendarahan. Umumnya pendarahan akan berhenti seketika, namun pada komplikasi justru pendarahan semakin hebat sehingga membutuhkan konsultasi periodontis.

Selain kebutuhan karena kondisi kesehatan, periodontis juga bisa ditujukan untuk kebutuhan karena tujuan estetika. Anda yang terlahir dengan bentuk gusi atau rahang kurang sempurna bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu ke spesialis periodontis untuk mendapatkan rekomendasi tindakan medis yang dibutuhkan. Melakukan rekonstruksi rahang atau jaringan gusi termasuk menggunakan implan yang sesuai bisa menjadi perawatan dan prosedur yang akan digunakan oleh dokter periodontia. Namun jika Anda masih ragu untuk langsung bertemu dengan dokter periodontis, Anda bisa mengunjungi dokter gigi terlebih dahulu dimana nantinya dokter gigi tersebut yang akan memberikan rujukan medis kemana Anda harus memeriksakan diri lebih lanjut.

Untuk bisa menemui dokter spesialis periordontis atau dokter spesialis gigi lainnya, Anda bisa berkunjung ke rumah sakit besar yang memiliki poli gigi dengan dukungan perlengkapan pemeriksaan gigi yang modern. Selain ke rumah sakit umum, Anda juga bisa menuju rumah sakit khusus gigi yang pastinya lebih spesifik dan memiliki banyak dokter gigi dan spesialisnya. Meski begitu tak jarang dokter periodontis juga memiliki praktek sendiri di rumah atau di lokasi lainnya baik untuk konsultasi, perawatan maupun tindakan pembedahan.

Bagi Anda yang memiliki masalah di bagian rahang atau gusi, segera buat pertemuan dengan dokter spesialis periodonsia untuk mengobati penyakit yang ada sebelum bertambah parah ataupun untuk melakukan rekonstruksi dengan tujuan estetika. Selain menggunakan tindakan pembedahan, dokter periodontis juga bisa menggunakan prosedur non bedah yaitu menggunakan obat-obatan.