4 Tips Memilih Sabun Cuci Tangan

  • Kulinerun
  • Aug 22, 2021
Sabun Cuci Tangan

Sabun adalah salah satu produk yang bisa digunakan untuk merawat kulit. Tidak hanya sabun mandi, memilih sabun pencuci tangan juga penting. Banyak orang yang mengalami iritasi dan gatal-gatal hanya karena salah memilih jenis sabun. Sebelum membeli, Anda tentu harus mengetahui beberapa hal agar tidak salah pilih sabun. Berikut ini adalah 4 tips memilih sabun cuci tangan agar cocok dengan jenis kulit Anda.

  1. Pilih Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Kandungan yang digunakan dalam sabun cuci tangan tentu mempengaruhi kemampuan sabun dalam membersihkan debu, kuman dan bakteri. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang ada dalam sabun juga bisa saja tidak cocok dengan jenis kulit sehingga memicu terjadinya efek negatif. Anda harus memastikan apa kebutuhan Anda dan menyesuaikan jenis kandungan yang cocok untuk kulit Anda.

Misalnya Anda memiliki keinginan untuk melembutkan kulit, maka sebaiknya memilih sabun cuci tangan dengan kandungan asam amino dan surfaktan amfoter. Kedua kandungan ini sangat lembut dan ramah untuk kulit. Contoh kandungan asam amino dan surfaktan amfoter yang bisa ditemukan dalam sabun cuci tangan adalah potassium cocoyl glycinate, sodium lauroamphoacetate, cocamidopropyl betaine dan sodium cocyl glutamate.

  1. Pilih Sabun dengan Kandungan Antibakteri

Sabun yang memiliki kandungan antibakteri seperti isopropyl methylphenol dan benzalkonium chloride akan membuat permukaan kulit menjadi lebih bersih. Anda bisa menggunakan jenis sabun ini sebelum memasak atau memakan makanan. Anda harus mengimbangi penggunaan sabun antibakteri ini dengan cara mencuci sabun yang benar. Gosokkan sabun ke semua bagian tangan, mulai dari jari, telapak tangan hingga punggung tangan.

  1. Pilih Sabun Yang Mudah Berbusa

Anda bisa memilih sabun yang lebih mudah menghasilkan busa. Jenis sabun ini lebih dikenal dengan nama foaming hand soap. Banyak orang tua yang memilih foaming hand soap agar anak-anak lebih mudah untuk mencuci tangan. Foaming hand soap juga bisa menghasilkan busa yang padat sehingga kulit tidak menjadi kasar. Dari segi harga, foaming hand soap memang lebih mahal dibandingkan liquid hand soap. Meski demikian, produk foaming hand soap lebih aman untuk anak-anak dan kulit sensitif.

  1. Pilih Sabun Ramah Kulit

Anak-anak, bayi dan orang berkulit sensitif tentu perlu benar-benar memperhatikan kandungan yang ada dalam sabun yang mereka gunakan. Gunakan sabun dengan bahan rendah iritasi atau hypoallergenic dan tidak mengandung bahan aditif. Sabun yang terlalu wangi atau mengandung pengawet bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi iritasi.

Beberapa kandungan yang perlu dihindari apabila Anda adalah pemilik kulit sensitif adalah pengawet, essential oil, salicylic acid, glycolic acid, pewangi, pewarna dan ethanol. Pengawet dalam sabun bisa berupa benzoic acid atau paraben. Jika Anda memiliki kulit kering, maka pilih sabun cuci tangan yang mengandung bahan pelembab. Fungsi dari pelembab pada sabun adalah untuk mengurangi tekanan pada kulit. Beberapa contoh kandungan pelembab yang bisa Anda gunakan adalah asam amino, sodium lactate, sodium PCA dan ceramide. Anda bisa mencari mana kandungan yang sekiranya cocok untuk kulit kering Anda.

Itu dia 4 tips memilih sabun cuci tangan yang perlu Anda ketahui. Untuk rekomendasi merk, Anda bisa memilih produk yang tertulis sesuai klaim. Misalnya, ada beberapa sabun yang tertulis untuk kulit sensitif atau untuk melembabkan. Anda bisa memilih mana sabun yang klaimnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih.